Pada tanggal 17 Desember 2013, Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) untuk pertama kalinya menyelenggarakan penghargaan di bidang pengelolaan kawasan konservasi perairan. Penghargaan yang diberi nama E-KKP3K Award atau Efektivitas pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil ini selanjutnya akan menjadi agenda 2 tahunan Kemen KP. Anugerah E-KKP3K Award ini diberikan kepada pemerintah daerah dan kepala daerah yang konsisten mengembangkan kawasan konservasi perairan. 

Penghargaan tersebut terdiri dari 1 kategori favorit, 5 kategori percontohan dan 17 kategori percepatan. Dalam penyelenggaraan anugerah E-KKP3K yang pertama ini ada 6 kabupaten /kota mendapatkan penghargaan kategori percontohan serta satu kategori anugerah khusus. 

Penghargaan E-KKP3K merupakan bentuk apresiasi tinggi yang diberikan Kemen KP kepada kepada pimpinan/kepala daerah atas komitmen dan dukungannya dalam pengelolaan efektif kawasan konservasi perairan nasional. Kerja keras dan komitmen pemda menjadi bagian penting dari pencapaian target luasan Kawasan Konservasi Perairan yang pernah disampaikan Pemerintah Indonesia dalam Forum Conference of the Parties Convention on Biological Diversity (COP CBD) di Brazil tahun 2006. Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo seusai memberikan anugerah E-KKP3K. 

Kota Sabang merupakan salah satu pemerintah daerah tingkat II yang mendapatkan anugerah E-KKP3K untuk kategori percontohan. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen Kota Sabang dalam mengembangkan kawasan konservasi perairan daerah (KKPD) yang dicadangkan pada tahun 2010. Penghargaan ini melengkapi penghargaan ‘Coastal Award’ yang telah diterima sebelumnya pada tahun 2012. Penghargaan ‘Coastal Award’ sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kemen KP yang diberikan kepada perorangan maupun institusi yang tidak sekedar peduli terhadap pengelolaan wilayah pesisir, namun juga melakukan aksi yang istimewa dalam mendukung pembangunan dan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan di Indonesia. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras berbagai pihak terkait dari sektor pemerintah, masyarakat, universitas, dan NGO. 

Wildlife Conservation Society (WCS) merupakan salah satu lembaga yang turut serta membidani pencadangan kawasan konservasi perairan daerah (KKPD) Kota Sabang, sekaligus mendukung pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus meningkatkan efektivitas pengelolaan kawasan tersebut. “Penghargaan E-KKP3K yang diterima merupakan penghargaan dan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kota Sabang”, demikian diungkapkan oleh Zulkifli Adam, Walikota Sabang. Lebih jauh beliau menambahkan, “Penghargaan Coastal Award yang diterima sebelumnya, memberikan dampak yang sangat positif bagi masarakat Kota Sabang, masyarakat menjadi lebih peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan tidak lagi mau membuang sampah sembarangan”. 

Selanjutnya di sela-sela acara, Marine Program Manager WCS, Yudi Herdiana menyampaikan komitmen WCS untuk terus membantu Kota Sabang dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi perairan ke tingkat hijau meskipun Kota Sabang bukan menjadi target Kemen KP dalam peningkatan efektivitas pengelolaan di 2014. “Masih banyak yang harus dikerjakan di KKPD Kota Sabang, dan WCS akan berupaya semaksimal mungkin”, demikian Yudi menambahkan.

Posted in: Marine

Copyright 2007-2017 by Wildlife Conservation Society

WCS, the "W" logo, WE STAND FOR WILDLIFE, I STAND FOR WILDLIFE, and STAND FOR WILDLIFE are service marks of Wildlife Conservation Society.

Contact Information
Address: 2300 Southern Boulevard Bronx, New York 10460 Phone Number: (718) 220-5100